Akibat Penyebab Keguguran Janin Kandungan Dan Cara Mencegahnya

Dalam kehidupan sehari-hari manusia tak luput dari musibah baik itu kecil maupun besar, akan tetapi disini kami membahas mengenai musibah yang terjadi akibat penyebab keguguran janin pada kandungan. Sangat penting sekali, terutama pada wanita atau ibu hamil untuk selalu berhati-hati dengan kandungannya.

Apapun yang terjadi, jika itu sudah takdir kehendak maka akan terjadilah. Semua bisa dirubah melalui sikap, kebiasaan pola hidup kita masing-masing, penyesalan akhir pengetahuan setelah terlena sehingga lupa akan segalanya. Lho lhoooo, kok penyampaiannya sampai kemana-mana ya…. oke, langsung saja !!

penyebab keguguran janin kandungan

Akibat Penyebab Keguguran Janin Pada Kandungan Dan Cara Mencegahnya

Berikut ini ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan seorang ibu hamil muda mengalami keguguran :

1. Kondisi Rahim Yang Lemah

Rahim dengan kondisi ini sangat sulit dan biasanya sangat rewel ketika mengalami kehamilan. Hal ini dikarenakan dinding rahim tempat embrio menempel terlalu rentan dan lemah untuk bisa menopang berat embrio. Oleh sebab itu, wanita dengan kondisi seperti ini harus mengalami bed rest atau istirahat total saat kehamilannya di bawah usia 22 minggu.

Larangan untuk wanita yang memiliki dinding rahim lemah :

  • Terlalu banyak bergerak. Hal ini sangat tidak boleh dilakukan oleh wanita dengan kondisi kandungan atau dinding rahim lemah.
  • Tidak boleh banyak berjalan. Berjalan akan membuat perut tergerak. Hal ini menyebabkan rahim dan embrio juga ikut bergerak. Jika banyak berjalan embrio akan mudah jatuh. Ibu hamil hanya boleh berjalan ketika ingin ke kamar mandi saja, selebihnya adalah berbaring.
  • Dokter kandungan akan menganjurkan untuk banyak berbaring sebelum usia kandungan lebih dari 22 bulan, makan dan minum dilakukan dengan posisi duduk di atas tempat tidur.
  • Stress berlebihan. Stress yang berlebihan akan membuat hormon ibu hamil menjadi tidak stabil sehingga rentan keguguran.

Cara Mencegah nya :

Dokter kandungan akan memberikan obat penguat kandungan sampai kandungan berumur usia 22 minggu, obat kandungan juga bisa diberikan sampai usia kandungan berusia 24 minggu.

2. Kondisi Wanita atau Ibu Hamil Kurang Sehat

Cuaca yang ekstrim seperti saat ini tidak boleh disepelekan oleh kaum ibu. Sebentar panas dan sebentar hujan akan membuat ibu hamil rentan terkena penyakit. Kondisi kesehatan wanita yang sedang hamil memang seringkali naik dan juga turun. Hal itulah yang menyebabkan kondisi kesehatan ibu hamil mudah terganggu terutama saat cuaca seperti ini. Jika kondisi ibu hamil tidak segera pulih maka kehamilannya akan rentan keguguran.

Suatu hal (bisa dibilang ringan) yang menjadi pnyebab keguguran :

  • Ibu hamil muda mengalami demam dengan suhu tubuh yang tinggi. Janin yang dikandung ibu hamil tidak bisa bertahan dengan suhu tubuh ibu hamil yang panas.
  • Pusing juga membuat kondisi kandungan ibu hamil rentan keguguran. Hal ini disebabkan ibu hamil yang pusing tidak bisa menyeimbangkan tubuhnya sehingga rentan terjatuh dan terbentur.
  • Pilek dan batuk saat hamil

Cara Mencegah nya :

  • Rutin berkonsultasi ke dokter setiap bulannya

  • Ikuti saran dokter seperti konsumsi vitamin dan obat penguat kandungan

  • Jalani tips hidup sehat ibu hamil

  • Jangan stress.

3. Akibat Terinfeksi

Wanita yang memiliki infeksi HPV atau infeksi jamur akan rentan terkena keguguran. Infeksi HV bisa menyerang kandungan sehingga menyebabkan keguguran atau lahir prematur. Sedangkan infeksi jamur yang menempel pada lapisan rahim bisa masuk dan menyerang rahim akibatnya janin akan mudah gugur.

Cara mencegah nya :

  • Jangan pernah konsumsi daging mentah atau tidak matang

  • Wajib hindari konsumsi telur setengah matang

  • Cuci dengan bersih semua makanan / sayuran / buah yang anda konsumsi

  • Hindari kontak dengan hewan peliharaan

4. Jarak Kehamilan Yang Dekat

Jarak kehamilan minimal adalah dua tahun dari kehamilan sebelumnya. Jika terjadi kurang dari itu janin akan mudah gugur karena kondisi rahim belum pulih benar. Untuk tidak heran dokter merekomendasikan jarak kehamilan yang masuk akal agar tidak terhindar dari berbagai masalah kehamilan.

  • Persalinan Caesar, disarankan minimal hamil lagi setelah 2 tahun
  • Persalinan normal, disarankan minimal 1 tahun setelah melahirkan.

Cara mencegah nya :

Anda wajib menjaga selama 1 tahun atau dua tahun pertama agar tidak hamil, dengan menggunakan alat kontrasepsi atau menjaga kehamilan secara alami atau KB.

5. Pola Gaya Hidup Keseharian

Gaya hidup tidak sehat yang dilakukan wanita akan memicu keguguran dua kali lipat dibandingkan dengan wanita yang menerapkan pola hidup sehat.

Gaya hidup yang menyebabkan keguguran adalah :

  • Merokok
  • Mengkonsumsi Alkohol.
  • Mengkonsumi obat-obatan misal obat tidur, heroin dan narkoba.
  • Bergadang setiap hari.

Beberapa keterangan penyebab keguguran kandungan diatas wajib anda ketahui agar terhindar dari keguguran yang tidak diinginkan dan janin tumbuh berkembang, lahir dengan selamat. Namun lain halnya, jika anda mengalami masalah kehamilan atau terjadi sebuah kecelakan hamil diluar nikah alias tanpa status hubungan, bisa gunakan obat aborsi untuk gugurkan kandungan dengan aman 100% tuntas tanpa efek samping.

Jual Obat Aborsi © 2011
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.